PT-CMP.COM

PERKEMBANGAN HARGA BESI DAN BAJA DI INDONESIA

,09 Apr 2018,00:00:00 WIB, 823 View
Google+
WhatsApp

        Perkembangan harga iron ore, scrap, maupun billet internasional sebagai bahan baku pembuatan material besi dan baja di Indonesia kian menunjukan perubahan yang signifikan di tiap bulannya. Hal ini yang menyebabkan harga untuk material besi dan baja di Indonesia pun mengalami perubahan baik itu kenaikan atau pun penurunan pada harga dari material besi dan baja itu sendiri. Perubahan tersebut di pengaruhi lantaran material besi dan baja yang di produksi di Indonesia masih membutuhkan pasokan bahan baku berupa iron ore, scrap dan billet yang harus di import dari berbagai Negara. Hal tersebut menjadikan harga untuk material besi dan baja di Indonesia sangat dpengaruhi dengan harga bahan baku yang berasal di Negara pemasok.

 

       Di Indonesia sendiri, untuk mendatangkan bahan baku yang akan diolah menjadi material besi dan baja pun harus melihat nilak tukar rupiah terhadap dollar AS yang sedang berlaku. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi harga untuk material besi dan baja di Indonesia itu sendiri. Jika keadaan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sedang mengalami penurunan dampaknya harga untuk bahan baku yang akan di beli pun menjadi semakin tinggi. Selain pembelian bahan baku untuk pembuatan materal besi dan baja, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga berpengaruh untuk pembelian gas alam sebagai sumber energi pembuatan material besi dan baja di Indonesia.

 

     Tidak sampai disitu untuk mendapatkan produk material besi dan baja yang dapat digunakan di pasaran pun harus melewati tahap produksi yang didalamnya dilakukan perubahan dari bahan baku sampai menjadi material besi dan baja. Perubahan harga material besi dan baja di Indonesia pun didorong dari faktor biaya produksi tersebut yang mana dalam proses produksi nya masih harus melihat pada penyesuaian tarif dasar listrik (TDL) yang berlaku. Listrik itu sendiri dibutuhkan sebagai pendukung proses produksi pembuatan material besi dan baja di Indonesia sebagai penunjang alat pembentukan material besi dan baja yang berasal dari bahan baku sebelumnya.

        Dari hal-hal tersebut pun yang menjadikan biaya produksi untuk material besi dan baja di Indonesia membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena, dengan berbagai macam faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga besi dan baja di Indonesia yang menjadikan harga material besi dan baja di Indonesia pun mengalami perkembangan.

 

                                                                                                                                                                                       

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                                        SUMBER : MAJALAH STEEL INDONESIA

Kategori

News & Events

Berita Lain